Senin, 18 April 2011

Cara service Monitor AOC 15" Layar Dominan Merah

Berikut ini kang EKo akan coba berbagi mengenai monitor AOC 15". Kemarin kebetulan dapat servisan monitor AOC dengan kerusakan warna dominan merah. Jadi ada salah satu warna yang hilang... Mau tahu kelanjutannya....?

Sebelumnya kang Eko mau menjelaskan bahwa kerusakan layar warna ada yang hilang atau berubah sangat sering terjadi. Dan masalah ini sebenarnya gampang untuk diatasi, tapi ada juga yang kadang susah karena faktor spare part yang susah di dapatkan.

Penyebab :

Monitor itu menghasilkan panas yang cukup tinggi di bagian boardnya. Dan panas inilah yang menyebabkan keretakan solderan di bagian boardnya. Yang sering retak solderannya adalah bagian-bagian yang menghasilkan panas tinggi yang biasanya ditandai dengan adanya pendingin dari aluminium yang menempel di komponen di bagian itu. dan yang paling sering adalah bagian vertikal dan blok video atau blok RGB yang letaknya diujung tabung.

Blok RGB sering banget retak solderannya, karena daerah situ dekat dengan heater / filamen tabung yang seperti lampu pijar. Dan kalo ada yang retak di bagian ini, maka yang terganggu adalah warna monitor, karena semua warna di atur di sini. Dan ini tidak hanya terjadi di monitor AOC saja, tapi disebagian besar monitor.

Monitor sendiri tersusun atas 3 warna, yaitu warna Merah, Hijau, dan Biru atau orang biasa menyebut Red Green dan Blue disingkat RGB. Kalau ada salah satu warna yang hilang, maka warna monitor akan kacau.

Baik langsung saja ya....

Cara service Monitor AOC 15" Layar Dominan Merah :

Monitor layar warnanya berubah, macam-macam penyebabnya dan cara servisnya adalah:

1. Keretakan solderan, cara mengatasinya dengan menyolder ulang board yang warnanya agak coklat karena kepanasan, atau bagian yg kelihatan lepas solderannya

2. Transistor penguat gambar rusak / konslet, transistor ini biasanya ada pendinginnya : cara servisnya ganti transistornya dengan yg setype.

3. IC video rusak : ganti IC videonya

4. Kabel data monitor ada yang putus : Cek semua kabel data, disitu biasanya ada 9 kabel yang digunakan kalo ada yang putus lebih baik diganti kabel data yang lainnya...

Kebetulan yang kang Eko service kemarin hanya retak dibagian solderannya terutama solderan dibagian IC video yang pinnya berbentuk kursi.

Ok, selamat mencoba .....

0 komentar:

Poskan Komentar